Berita

Berita Pendidikan Nasional

(1 Pilih)

SMAN Senduro Sekolah Adiwiyata Pilihan

Adiwiyata adalah program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindari dampak lingkungan yang negatif. Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata, Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan, dan Program Adiwiyata adalah program untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Lingkungan yang bersih dan sehat tentunya menjadi impian bagi institusi pendidikan di Indonesia. Lingkungan sekolah yang bersih dan sehat juga mencerminkan keberadaan warga sekolah yang ada, mulai dari siswa, guru, staf, karyawan unsur pimpinan sekolah dan bahkan orang tua siswa.

adiwiyata2

Beberapa waktu lalu SMAN SENDURO diberi kesempatan menjadi sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten tepatnya di tahun 2021 meskipun ini masih langkah pertama untuk lebih maju, hal ini sangat membanggakan bagi kami. Karenanya kami harus mempersiapkan diri untuk mengikuti Lomba Adiwiyata tingkat Provinsi di Tahun 2022.

Untuk membekali diri dengan pengetahuan, kami juga mengadakan kunjungan studi tiru ke SMPN 1 Tempeh yang baru-baru ini berhasil menjadi juara 1 Adiwiyata tingkat Provinsi.

Kunjungan studi tiru tidak hanya diikuti oleh Bapak/Ibu guru saja, beberapa perwakilan dari kader Adiwiyata SMAN Senduro juga diajak untuk mengikuti kunjungan studi tiru untuk belajar apa saja kegiatan dari kader Adiwiyata SMPN 1 Tempeh, setelah melakukan kunjungan tersebut perwakilan dari kader Adiwiyata SMAN Senduro melakukan meet via google meet untuk menanyakan hal yg tak sempat terjawab serta berbagi pengalaman tentang kader Adiwiyata.

Selain studi tiru, SMAN SENDURO mengadakan lomba edukasi dari siswa kepada siswa tentang 3R yaitu:

  • Recycle

Recycle atau mendaul ulang adalah kegiatan mengolah kembali atau mendaur ulang. Pada prinsipnya, kegitan ini memanfaatkan barang bekas dengan cara mengolah materinya untuk dapat digunakan lebih lanjut. Contohnya adalah memanfaatkan dan mengolah sampah organik untuk dijadikan pupuk kompos

  • Reuse

Reuse atau penggunaan kembali adalah kegiatan menggunakan kembali material atau bahan yang masih layak pakai. Sebagai contoh, kantong plastik atau kantng kertas yang umumnya didapa dari hasil kita berbelanja, sebaiknya tidak dibuang tetapi dikumpulkan untuk digunakan kembali saat dibutuhkan.

  • Reduce

Reduce atau Pengurangan adalah kegiatan mengurangi pemakaian atau pola perilaku yang dapat mengurangi produksi sampah serta tidak melakukan pola konsumsi yang berlebihan. Contoh menggunakan alat-alat makan atau dapur yang tahan lama dan berkualitas sehingga memperpanjang masa pakai produk atau mengisi ulang atau refill produk yang dipakai seperti aqua galon, tinta printer serta bahan rumah tangga seperti deterjen, sabun, minyak goreng dan lainnya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi potensi bertumpuknya sampah wadah produk di rumah.

Tidak hanya itu siswa siswi SMAN SENDURO juga diberi kesempatan untuk mengikuti lomba hasta karya yang menggunakan plastik bekas dan lomba bersih kelas yang dilakukan setiap hari dengan pengumuman juara tiap 2 minggu sekali. Bentuk apresiasi untuk pemenang lomba bersih kelas kami memberikan piala bergilir dengan tujuan untuk menambah wawasan tentang lingkungan, keterampilan, kreativitas, dan konsitensi menjaga lingkungan sekolah bersih dan sehat.(Sincan)

Baca 586 kali Terakhir diubah pada Selasa, 04 Oktober 2022 04:40
SMAN Senduro

Mudahkanlah, jangan dipersulit!

Cari

Pengunjung

135822
Hari ini
Minggu Lalu
Bulan lalu
Semua
54
133497
3541
135822

Your IP: 3.227.240.72
2024-04-23 10:05