A. Visi SMA Negeri Senduro
Visi yang dimiliki SMA Negeri Senduro diturunkan dari tujuan nasional pendidikan di Indonesia yang tercantum pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Adapun visi SMA Negeri Senduro adalah sebagai berikut:
“Menjadi sekolah berprestasi dan berwawasan lingkungan melalui terciptanya Pelajar Pancasila”
B. Misi SMA Negeri Senduro
Untuk mencapai visi dan membentuk Karakter Profil Pelajar Pancasila, maka SMA Negeri Senduro menetapkan misi sebagai berikut:
- Menyelenggarakan pembelajaran yang berkualitas, nyaman, ramah anak dan berbasis teknologi yang didukung infrastuktur
- Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang berkualitas
- Menyelenggarakan sekolah Adiwiyata
- Mengoptimalkan peran serta seluruh stakeholder untuk mendukung proses kegiatan sekolah
- Mewujudkan profil pelajar Pancasila dalam kegiatan pembelajaran
C. Tujuan SMA Negeri Senduro
Tujuan |
Sasaran |
|
M.1 |
Mencapai target 50% siswa yang melanjutkan ke perguruan tinggi |
Siswa diterima di PTN melalui jalur SNBP sebesar 12% |
Siswa diterima di PTN melalui jalur SNBT sebesar 5% |
||
Siswa melanjutkan ke PTS sebesar 5% |
||
Lolos seleksi KSN tingkat Provinsi |
Sebanyak 1 bidang lolos seleksi KSN tingkat Provinsi |
|
Mendapatkan kejuaraan tingkat Nasional |
Sebanyak 2 bidang kejuaraan tingkat Nasional |
|
Terlayaninya pembelajaran sesuai dengan kebutuhan belajar siswa |
100% guru melakukan test diagnosa untuk memetakan kebutuhan belajar anak |
|
100% guru melakukan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan belajar anak |
||
Pemanfaatan platform merdeka mengajar untuk peningkatan kapasitas guru dan |
||
100% guru telah melakukan penilaian otentik |
100% guru melakukan penilaian dengan model AKM |
|
Pelaksanaan evaluasi dan penilaian |
||
Meningkatkan tingkat kenyamanan belajar anak |
Mengukur tingkat student well-being paling sedikit 1 kali 1 bulan setiap guru |
|
Guru mengikuti kegiatan pengembangan diri |
100% guru menyelesaikan PMM Sebanyak 60% guru mengikuti kegiatan pengembangan diri |
|
Menyediakan infrastruktur yang berkualitas |
Sebanyak 50% ruang kelas terpenuhi sarana dan prasarana berupa LCD, wifi |
|
Sebanyak 40% pemeliharaan ruang kelas, ruang guru, ruang TU, dan kamar mandi |
||
Sebanyak 30% pemeliharaan alat multimedia dan IT sekolah |
||
Sebanyak 30% pemeliharaan sarana parkir siswa dan guru |
||
Sebanyak 30% pemeliharaan green house dan taman sekolah |
||
Penyediaan papan informasi sekolah |
||
Tersedianya sarana dan prasarana UKS |
||
Tenaga Administrasi mengikuti kegiatan peningkatan kompetensi |
Sebanyak 60% tenaga admiistrasi mengikuti kegiatan peningkatan |
|
Mewujudkan Sekolah Ramah Anak |
Tidak ada GTK yang memberikan hukuman ke siswa secara fisik ataupun |
|
Meminimalisir tindakan perundungan, penyalahgunaan narkoba, pelanggaran lalin, menginspirasi hidup sehat |
||
Mempunyai satgas sekolah anti perundungan, anti Narkoba, Anti Korupsi |
||
Tertib Lalu-Lintas dan sekolah sehat, yang terdiri dari Bpk Ibu GTK, siswa, komite |
||
M.2 |
Lolos seleksi K2SN dan FLS2N tingkat Provinsi |
Lolos seleksi K2SN dan FLS2N tingkat Provinsi minimal 2 bidang |
Mendapatkan kejuaraan non akademik tingkat Nasional |
Siswa mendapatkan kejuaraan non akademik tingkat Nasional sebanyak 3 |
|
Setiap ekstrakurikuler memiliki pelatih yang ahli dibidangnya |
Sebanyak 50% ekstrakurikuler yang diadakan di sekolah memiliki pelatih yang ahli di bidangnya |
|
Menumbuhkan kreativitas siswa |
Terlaksananya unjuk karya ekstrakurikuler dilaksanakan secara rutin tiap tahun |
|
Meningkatkan prestasi Non-Akademik dibidang bola volley, basket , gamelan dan band |
Tersedianya sarana dan prasarana olahraga |
|
Tersedianya sarana dan prasarana seni |
||
Menumbuhkan jiwa kepemimpinan untuk siswa |
Siswa memiliki jiwa kepemimpinan |
|
M.3 |
Semua guru membuat perangkat ajar yang terintegrasi dengan lingkungan |
Sebanyak 90% guru membuat perangkat ajar yang terintegrasi dengan lingkungan |
Memiliki sistem sanitasi dan drainase yang berfungsi dengan baik |
Memiliki sistem sanitasi dan drainase yang berfungsi dengan baik sebanyak 70% |
|
Memiliki sistem pengelolaan sampah |
Memiliki sistem pengolahan sampah |
|
Pohon dan tanaman di lingkungan sekolah terdata dan terpelihara dengan baik |
Memiliki keanekaragaman pohon dan tanaman |
|
Memiliki program konservasi air di lingkungan sekolah |
Memiliki sistem konservasi air yang baik |
|
Memiliki program konservasi energi di lingkungan sekolah |
Memiliki sistem konservasi energi yang baik |
|
Guru dan siswa membuat karya inovasi Sekolah Adiwiyata |
Sebanyak 10 % guru dan siswa membuat karya inovasi Sekolah Adiwiyata |
|
Memiliki kader adiwiyata yang dapat bekerja sesuai tupoksinya |
Semua kader Adiwiyata dapat bekerja dengan baik |
|
Melakukan kampanye tentang sekolah Adiwiyata baik di lingkungan sekolah maupun luar sekolah |
Kampanye tentang sekolah Adiwiyata terencana dan terlaksana dengan baik |
|
Pemanfaatan kearifan lokal |
Terwujudnya program Adiwiyata yang mengangkat kearifan lokal |
|
M.4 |
Melibatkan peran serta orang tua/wali murid dalam pendidikan karakter |
Terjalin hubungan yang baik antara sekolah dengan wali murid |
Mengoptimalkan kerjasama dengan komite sekolah |
Terjalin kerjasama yang baik antara sekolah dengan komite sekolah |
|
Mengoptimalkan kerjasama dengan pemdes dan forkompimca |
Terjalin kerjasama yang baik antara sekolah dengan pemdes dan forkompimca |
|
Menjalin kerjasama dengan dunia usaha |
Terjalin kerjasama yang baik antara sekolah dengan dunia usaha dan dunia |
|
Menjalin kerjasama dengan tokoh masyarakat dan agama |
Terjalin kerjasama yang baik antara sekolah dengan tokoh masyarakat dan agama |
|
Mengoptimalkan kerjasama dengan alumni SMAN Senduro |
Terjalin kerjasama yang baik antara sekolah dengan alumni SMAN Senduro |
|
Melaksanakan kerja sama dengan perguruan tinggi |
Terjalin kerjasama yang baik antara sekolah dengan perguruan tinggi |
|
M.5 |
Mengoptimalkan program P5 yang bermakna |
Semua fasilitator P5 menguasai teknik pembelajaran P5 |
Mewujudkan karakter profil pelajar Pancasila pada siswa |
Digitalisasi modul P5 Pengembangan profil pelajar Pancasila pada siswa |